Pemerintah Buton Selatan Berikan Kendaraan Operasional ke Lembaga Adat

  • Whatsapp
Pemerintah Buton Selatan Berikan Kendaraan Operasional ke Lembaga Adat
Bupati Kabupten Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani menyerahkan bantuan kendaraan operasional kepada Lembaga Adat di kabupaten Busel. Foto : Kominfo Busel

ANOATIMES.COM, BUSEL – Lembaga Adat memiliki peranan penting dalam tatanan kehidupan masyarakat dalam berbangsa, dan bernegara. Salah satu peran penting Lembaga Adat ialah menjaga dan melestarikan budaya lokal.

Melihat akan peran Lembaga Adat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) memberikan perhatian khusus terhadap Lembaga Adat yang ada di Kabupaten Busel. Rabu, 31 Mei 2021, Bupati Kabupaten Busel, H La Ode Arusani menyerahkan 23 kendaraan operasioanl kepada Parabela (tokoh lembaga adat) yang ada di tanah Busel itu.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, H La Ode Arusani mengatakan sudah sepatutnya Pemerintah Kabupaten Busel memberikan perhatian kepada Lembaga Adat, sebab selama ini kemajuan di Kabupaten Busel tidak pernah lepas dari peran Parabela yang setiap saat selalu mendoakan Kabupaten ini.

“Apa saja yang kita lakukan tidak lepas dari doa para Parabela, ini buah dari kebersamaan kita pada setiap kegiatan di desa, di mana saya selalu meminta Bapak-bapak berdoa untuk kemajuan daerah ini,” ujar H La Ode Arusani.

Apalagi di masa Pandemi Covid19 ini, setiap Parabela tidak henti-hentinya memanjatkan doa untuk seluruh masyarakat agar terhindar dari Covid19 yang terus menghantui masyarakat dalam beraktivitas.

“Lembaga Adat selama ini telah memberikan kontribusi Positif terhadap pembangunan daerah ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta mendoakan kemajuan daerah kita serta dijauhkan dari mara bahaya termasuk Wabah Covid19,” ungkapnya.

Orang nomor wahid di pemerintahan Kabupaten Busel ini, menambahkan agar kiranya birokrasi yang ia pimpin ini dapat bersinergi dengan setiap lembaga adat, salah satunya ialah Dinas Kebudayaan.

“Kita ini daerah 1000 Benteng, maka saya harapkan kepada Kepala Dinas Kebudayaan untuk melakukan diskusi dengan Parabela guna merangkum sejarah guna Pelestarian Benteng yang ada di Buton Selatan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buton Selatan La Kali menyampaikan 23 unit kendaraan operasional yang diserahkan ke lembaga adar berumber dari APBD Tahun Anggaran 2021.

“Pemberian kendaraan operasional ini tidak lepas dari perhatian bapak bupati terhadap Lembaga Adat, setelah tahun kemarin memberikan bantuan Sound Sistem serta Studi Banding Desa Adat bagi Parabela, selanjutnya akan diprogramkan pengadaan Gong guna mendukung kegiatan-Kegiatan Lembaga Adat,” tuturnya.

Laporan : Rizky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *