Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Kolaka, Nilainya Capai Miliaran Rupiah

  • Whatsapp
Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Kolaka, Nilainya Capai Miliaran Rupiah

ANOATIMES.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Khususnya Kabupaten Kolaka harus lebih intensif dalam melakukan pengawasan terhadap barang ataupun produk yang beredar di masyarakat.

Rabu, 26 Januari 2022 Bea Cukai Kendari berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal berbagai merk yang siap edar tanpa dilengkapi pita cukai di Kabupaten Kolaka.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Purwatmo Hadi Waluja dalam rilis persnya mengatakan penindakan yang dilakukan Bea Cukai Kendari berawal dari adanya informasi yang diterima Bea Cukai mengenai rokok ilegal di Kabupaten Kolaka.

Tak butuh waktu lama, Purwanto lalu memerintahkan unit pengawasan untuk membentuk tim dan melalukan pengawasan dan penindakan.

“Rabu 26 Januari 2022, tim melakukan pengamatan pada sebuah kendaraan minibus yang diduga mengangkut Rokok Ilegal di daerah Kelurahan Latambaga,” kata Purwanto.

Lanjut Purwanto, tim kemudian melakukan penindakan dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan barang yang dibawa, hasilnya didapati rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 4 karton dan 2 bal.

“Tim kemudian melakukan pengembangan dan menuju ke sebuah rumah kost di daerah Kelurahan Lalombaa. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap bangunan dan barang di dalamnya, didapati kembali rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 53 karton dengan berbagai merk,” ujarnya.

Dari hasil penindakan, tambah Purwanto, total jumlah rokok ilegal yang didapatkan adalah sejumlah 941.600 batang dengan perkiraan nilai barang sejumlah Rp 1.073.424.000, dan perkiraan kerugian negara dari sektor Cukai, PPN HT, dan Pajak Rokok total sejumlah Rp 672.868.000.

“Terduga pemilik barang, kendaraan dan barang hasil penindakan kemudian dibawa ke Kantor Bea Cukai Kendari untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Purwanto.

Laporan : Awi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *