UHO Siapkan Rp 1,4 Miliar untuk Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2023

  • Whatsapp
UHO Siapkan Rp 1,4 Miliar untuk Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2023

ANOATIMES.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) menyiapkan Rp 1,4 miliar untuk Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2023 yang pendaftarannya mulai dibuka sejak 14 Februari hingga 14 Maret ini.

Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan UPT PK2M UHO, Amin Tunda, M. A. mengatakan, pihak universitas menyiapkan anggaran yang lebih besar dibanding tahun 2022.

“Tahun 2022 dananya Rp 1,2 miliar. Untuk tahun ini disiapkan total Rp 1,4 miliar,” terang Amin Tunda melalui pesan WhatsApp-nya kepada AnoaTimes.Com pada Jumat (17/2/2023).

Nantinya sebanyak 5 bidang usaha akan diakomodir dalam program ini. Kelima bidang usaha tersebut, yakni makanan dan minuman, produksi/budidaya, industri kreatif, jasa dan perdagangan, dan teknologi/digital.

UPT PK2M UHO memberikan kesempatan kepada mahasiswa aktif angkatan 2020, 2021, dan 2022 yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75.

Mahasiswa yang dibolehkan ikut program ini tidak mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) pada tahun 2023. Selain itu belum pernah memperoleh bantuan modal PMW sebelumnya dan memiliki lokasi usaha di dalam Kota Kendari.

Peserta juga ditekankan memiliki ide usaha yang akan dibuat ataupun telah memiliki usaha. Ide atau usaha yang dimiliki dituangkan dalam proposal usaha perorangan yang akan dipresentasikan saat seleksi.

Nantinya mereka akan mengikuti program ini terlebih dahulu akan menjalani seleksi tiga tahap untuk mengisi 186 kuota yang disiapkan UPT PK2M UHO.

“Tahapan seleksinya pertama seleksi berkas, kemudian tes tertulis, dan wawancara,” terang Amin Tunda.

Mereka yang dinyatakan lolos akan mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp 7,5 juta sampai Rp 8 juta, tergantung jenis usaha yang diusulkan dalam proposal.

“Ada yang dapat Rp 7,5 juta dan ada Rp 8 juta,  176 peserta yang Rp 7,5 juta dan ada 10 peserta yang Rp 8 juta, tergantung jenis usaha dan kebutuhannya,” terang Amin Tunda.

Selain bantuan usaha, peserta terpilih juga bakal mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mendukung usaha yang akan dijalankan.

UPT PK2M UHO membuka pendaftaran melalui bit.ly/PMWUHO2023 atau melalui media sosial maupun nomor kontaknya di 085156186209.

Pada tahun sebelumnya juga UPT PK2M UHO menggelar program serupa dengan memberikan bantuan modal usaha serta pendampingan kepada ratusan mahasiswa yang terpilih dari hasil seleksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *