Dinas Ketapang Wakatobi Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah, Target 1400 Keluarga

  • Whatsapp
Dinas Ketapang Wakatobi Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah, Target 1400 Keluarga

ANOATIME.COM, WAKATOBI – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bekerjasama dengan Bulog kembali mengelar Gerakan Pangan Mura (GPM).

Kegiatan ini laksanakan di area Pelabuhan Panggulubelo, Kelurahan Mandati I Kecamatan Wangi-wangi Selatan ( Wangsel). Kali ini Dinas Ketapang menyasar jumlah penerima manfaat sebanyak 1400 keluarga.

Bacaan Lainnya

Bupati Wakatobi, H Haliana saat membuka GPM berharap dengan di laksanakannya GPM bisa meringankan beban masyarakat utamanya akibat kenaikan harga beras mengingat harga beras naik secara nasional.

“Memang ini merupakan program secara nasional sehingga kita di daerah bahu-membahu bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan pihak Bulog untuk bisa meringankan beban masyarakat terutama masalah harga.” Ungkap H Haliana, Sabtu ( 23/3/2024).

Program GPM ini, orang nomor wahid di Wakatobi ini menjelaskan pelaksanaan GPM ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu ditempat yang berbeda-beda selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

“Selain kita laksanakan GPM, di tahun 2024 ini juga kita akan salurkan Paket Sembako Murah dari bantuan Pemerintah, ” Katanya.

Dirinyapun, berterimakasih kepada pihak Bulog yang sudah bergerak bersama mengatasi kenaikan harga yang memberatkan masyarakat.

“Terimakasih kepada pihak Bulog yang telah bekerjasama untuk mengatasi kenaikan harga, inflasi sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani,” Ucap Haliana.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketapang, Sulaeman menambahkan GPM dilaksanakan bertujuan untuk menekan atau mengantisipasi lonjakan harga beras yang lagi terjadi diseluruh wilayah di Indonesia.

“Salah satu untuk mengantisipasi lonjakan dari pada harga dengan mengadakan GPM, ” Ujarnya

Lebih lanjut Sulaeman menegaskan para penerima manfaat GPM hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ekomominya kebawah. Jumlah paket sebanyak 1400 paket terdiri dari beras 5 kg sebanyak 7 ton dengan harga Rp 53 ribu perkarungnya.

“GPM ini sebelumnya kita laksanakan pada awal maret di Kecamatan Wangi-wangi dan untuk sekarang berdasarkan komitmen kami dengan Bulog akan kita laksanakan setiap minggu di lokasi yang berbeda-beda,” Jelasnya.

Tambahnya, Program GPM juga tidak hanya dilaksanakan di pulau wangi-wangi nantinya juga akan di laksanakan di KATOBI ( Kaledupa, Tomia, Binongko) namun saat ini masih dalam pembahasan skema mengingat jika di laksanakan di KATOBI akan ada tambahan biaya transportasi.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Kabupaten Wakatobi Yusran Sudini, mengatakan dalam mendukung GPM ini Pemerintah Daerah kabupaten Wakatobi, Bulog Wakatobi telah menyediakan stok beras sebanyak 100 ton.

“Bulog untuk GPM ini kami menyediakan stok hingga 100 ton dan 100 ton ini diluar pasar murah,” Tutupnya.

Laporan : Ema

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *