Tiga Nama Calon Rektor Sudah Diserahkan ke Kementrian, Ini Proses Selanjutnya

  • Whatsapp
Tiga Nama Calon Rektor Sudah Diserahkan ke Kementrian, Ini Proses Selanjutnya
Ketua Senat UHO, Prof Takdir Saili

ANOATIMES.COM, KENDARI – Proses panjang Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari telah memasuki tahapan akhir yakni pemilihan. Sebelumnya di tanggal 18 Mei 2021, sebanyak 8 Bakal Calon Rektor UHO telah disaring menjadi 3 Calon Rektor yakni, Prof Muhammad Zamrun (86 suara), Prof Buyung Sarita (9 suara) dan Dr Jamhir Safani (7 suara). Ke tiga nama Calon Rektor UHO periode 2021-2025 ini, sudah diserahkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Ketua Senat UHO, Prof Takdir Saili mengatakan selain menyerahkan 3 nama calon rektor, Senat juga menyerahkan undangan pelaksanaan Pilrek UHO yang diagendakan dilaksanakan 16 Juni 2021. Namun, kata Prof Takdir jadwal tersebut masih menunggu keputusan dari Kemendikbud.

Bacaan Lainnya

“Di surat itu kami (senat) cantumkan taggal 16 Juni 2021, tetapi keputusan kapan waktu pelaksanaan pemilihan itu tergantung dari pusat (Kemendikbud),” ujar Prof Takdir Saili, saat dijumpai diruang kerjanya, Senin 30 Mei 2021.

Lanjut, Prof Takdir menambahkan sebelum melangkah pada tahap pemilihan, ke tiga calon Rektor UHO terlebih dahulu akan menjalani proses wawancara oleh Kemedikbud, namun untuk waktunya masih menunggu keputusan dari Pusat.

“Yang pasti kementrian menyampaikan bahwa sebelum pemilihan nanti akan ada wawancara calon, waktu dan tempat mereka (kementrian) yang tentukan,” tambahnya.

Ditanya mengenai suara menteri yang 35 persen, Prof Takdir berharap ada perwakilan dari Kemendikbud yang berkesempatan hadir langsung dan menyalurkan hak suara itu.

“Mentri mempunyai hak suara 35 persen, apakah itu disampaikan langsung atau bagaimana itu persoalan teknis, tidak mesti harus hadir, karena sudah ada contoh yang dilakukan daring (online), harapannya kita secara langsung, mudah-mudahan saja ada perwakilan kementerian yang bisa hadir,” tutupya.

Laporan : Awi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *