Pangkalan Data Dikti Bakal Perbarui NISN Mahasiswa, Rektor UHO: Kita Sudah Siap

  • Whatsapp
Pangkalan Data Dikti Bakal Perbarui NISN Mahasiswa, Rektor UHO: Kita Sudah Siap
Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Pebri/Humas UHO

ANOATIMES.COM, KENDARI – Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan memperbarui data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2022.

Menghadapi hal tersebut, PD Dikti meminta pihak perguruan tinggi mempersiapkan pendataan mahasiswa baru dan mahasiswa yang aktif.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, tak masalah dengan adanya pembaruan data tersebut. Sebabnya,UHO sudah rutin melakukan pelaporan data mahasiswa secara berkala.

“Kita tidak ada masalah (dengan pembaruan data mahasiswa) karena kita melaporkan tiap tahun di Pangkalan Data Dikti,” terang Zamrun kepada media di Ruang Senat UHO pada Senin (10/1/2022).

“Itu sudah menjadi kegiatan rutin setiap semester kita melaporkan ke pangkalan data perguruan tinggi. Jadi, kita sudah siap dengan itu,” tambahnya.

Untuk itu, Rektor Zamrun mengingatkan mahasiswa untuk segera melapor jika belum masuk dalam Pangkalan Data Dikti.

“Kalau ada masalah, mahasiswa bisa melapor kepada program studi. Program studi nanti akan tindaklanjuti kepada WR1. WR1 nanti langsung ke UPT TIK. Dan itu segera ditindaklanjuti, sehingga semua data mahasiswa kita tidak ada yang bermasalah,” jelas Rektor UHO dua periode tersebut.

NISN nantinya akan menjadi identitas tunggal (single id) yang akan diintegrasikan dengan data di PD Dikti. Seluruh data akan terintegrasi mulai dari siswa masuk sekolah sampai lulus sebagai sarjana.

Dengan NISN ini seluruh prestasi dan perkembangan siswa hingga mahasiswa akan dengan mudah dikelola sebagai bagian dari sistem manajemen pendidikan.

Laporan : Dul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *