Pesan Rektor UHO Saat Peringatan Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp
Pesan Rektor UHO Saat Peringatan Hari Lahir Pancasila

ANOATIMES.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar upacara di Pelataran Rektorat UHO pada Kamis (01/06/2023).

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) merefleksi kembali proses perjuangan kemerdekaan hingga momen perumusan Pancasila oleh BPUPKI.

“Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal,” kata Prof. Zamrun dalam sambutannya.

Prof. Zamrun mengatakan, Pancasila sebagai sebuah ideologi, merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman.

“Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia. Pancasila mengandung 5 (lima) nilai universal dasar,” katanya.

Zamrun melanjutkan, lima nilai universal dasar yang terkandung dalam Pancasila adalah ketuhanan, kemanusiaan, kebhinekaan, demokrasi, dan keadilan sosial.

Ia juga mengingatkan tentang Kemendikbudristek yang menyusun Profil Pelajar Pancasila yang menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat.

“Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri utama, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” pungkasnya.

Reporter: Aziin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *