AJP : Hardiknas Momentum Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sultra

  • Whatsapp
AJP : Hardiknas Momentum Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sultra

ANOATIMES. COM, KENDARI – Hari ini, merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang diperingati setiap 2 Mei. Peringatan Hardiknas ini juga ditandai hari untuk mengenang hari kelahiran pelopor pendidikan di Indonesia, KI Hadjar Dewantara.

Mengingat momen penting, seluruh unsur pemerintah maupun lembaga, ikut ambil bagian dalam memperingati Hardiknas, tak terkecuali Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra (AJP).

Bacaan Lainnya

Menurut AJP, pendidikan begitu penting bagi keberlangsungan pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berdaya. Pendidikan juga diartikannya sebagai investasi untuk pembangunan bangsa di masa depan.

Pentingnya pendidikan tercermin dalam pembukaan undang-undang (UU), dan terimplementasi dalam proporsi anggaran yang mewajibkan 20 persen anggaran pemerintah harus digunakan untuk pendidikan, dan pemerintah sendiri telah mengimenplentasikan melalui program Merdeka Belajar.

Tentu, sebagai anggota DPRD Sultra yang menangani pendidikan untuk jenjang SMA dan SMK ini, AJP mengaku mendukung penuh. Bahkan, dirinya siap membantu terkait pengembangan pendidikan, baik dari sisi infrastruktur, manajerial pendidikan maupun bantuan-bantuan lainnya.

“Kedepan kita harus mencanangkan bagaimana lulusan SMA/SMK bisa menjadi lulusan yang mumpuni dengan skill dan pengetahuan untuk dasar melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, maupun digunakan di dunia kerja,” ujar dia, Kamis (2/5/2024).

Meski dirinya hanya menangani jenjang SMA dan SMK, namun menurut AJP, secara keseluruhan baik SD, SMP, SMA perlu peran pemerintah, baik dalam lingkup wali kota maupun gubernur untuk bisa meningkatkan mutu SDM.

Sehingga ia berharap, Hardiknas 2024 ini, menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Sultra yang berdaya saing dan kompetitif.

“Semua pemangku kebijakan, baik DPR maupun pemerintah pusat dan daerah harus bisa bekerjasama dalam meningkatkan pendidikan, khususnya yang ada di Sulltra. Kita berharap kualitas pendidikan di bumi anoa dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya.

Laporan : Awi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *