Terima Rekomendasi PPP, AJP-ASLI Selangkah Lagi Pastikan Tiket Pilwalkot Kendari

  • Whatsapp
Terima Rekomendasi PPP, AJP-ASLI Selangkah Lagi Pastikan Tiket Pilwalkot Kendari

ANOATIMES.COM, KENDARI – Pasangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP) dan Andi Sulolipu (ASLI), menerima surat rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Rekomendasi pasangan ini, diterima atau diwakilkan oleh Ketua Desk Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sulawesi Tenggara (Sultra), Sofyan yang diserahkan staf Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PPP di Jakarta, Selasa (11/6/2024) sore tadi.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, rekomendasi PPP membulatkan pasangan calon ini selangkah lagi memastikan tiket untuk bertarung pada Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari 27 November 2024.

Dimana, AJP-ASLI tinggal menunggu dukungan Golkar yang memiliki enam kursi, yang mana Partai berlambang Pohon Beringin masih menunggu hasil survei terbaru sebelum memastikan jagoannya maju di Pilwali Kota Kendari.

Meski begitu rekomendasi Golkar belum keluar, tetapi elite Golkar Sultra sempat membocorkan arah dukungan partainya mengarah ke AJP.

Dukungan PPP ke AJP-ASLI sendiri cukup mengejutkan publik, mengingat partai berlambang Kakbah itu memiliki kader yang juga ingin maju sebagai 01 Kendari yakni Abdul Razak. Namun, tentunya dukungan PPP ke AJP-ASLI telah melalui pertimbangan matang, dengan hasil survei elektabilitas AJP yang tertinggi.

AJP menyampaikan surat rekomendasi yang diberikan PPP merupakan kebanggaan sekaligus kepercayaan besar. Dukungan PPP juga menunjukkan pasangan calon AJP-ASLI diterima oleh semua kalangan. Hal itu merujuk Latar belakang partai AJP-ASLi yakni golkar dan PDIP Partai nasionalis. Dengan bergabungnya PPP, pasangan AJP- ASLI merepresentasi religius nasionalis.

AJP mengaku bangga dapat berjuang dengan partai berlambang Kakbah, dan bisa membawa aspirasi lebih banyak masyarakat agamis. Ke depannya, kolaborasi lintas partai dan relawan AJP-ASLI tentunya bakal dikedepankan untuk membawa perubahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kendari.

“Kami merasa bangga dengan dukungan PPP. Selain menjadi penentu cukup tidaknya parpol pengusung, kami bangga bisa berjuang bersama unsur dan kelompok masyarakat yang ada di bawah payung Kakbah,” kata AJP.

“Di PPP, mayoritas konstituennya adalah tokoh terdepan organisasi agama. Ini kekuatan menentukan laju perjuangan AJP-ASLI di Pilwalkot Kendari,” sambung legislator DPRD Sultra ini.

Tidak kalah penting, AJP menyebut ruh atau spirit perjuangan PPP selaras dengan gagasan Kendari BISA yang diperjuangkannya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar, Sahabuddin mengatakan, dengan AJP-ASLI mendapat rekomendasi dari PPP, sudah cukup mengantarkan keduanya maju di Pilwali Kota Kendari.

Pasalnya, jika dilihat dari perolehan kursi, Partai Golkar memiliki enam kursi dan PPP satu kursi. Dengan demikian, syarat 20 persen dari jumlah kursi DPRD Kota Kendari, keduanya sudah memenuhi syarat yakni minimal tujuh kursi.

“Benar, Pak AJP-ASLI baru saja terima rekomendasi pasangan dari PPP. Tinggal menunggu rekomendasi dari Partai Golkar, yang kemungkinan awal Juli sudah keluar rekomendasinya,” jelas dia.

Sekadar diketahui, figur AJP saat ini memang paling dijagokan pada Pilwali Kota Kendari 2024. Bocoran survei opini publik Kota Kendari yang dilakukan oleh Indikator menyebutkan AJP unggul jauh atas dua pesaing terdekatnya, Siska Karina Imran (SKI) dan Sitya Giana Nur Alam (SGA)

Dalam slide survei yang dilaksanakan 3-11 Mei 2024 itu, menampilkan simulasi elektabilitas tiga kandidat. AJP berhasil memimpin jauh dengan selisih signifikan hingga 15 persen.

AJP yang diprediksi sejumlah pihak bakal memenangkan Pilwalkot Kendari mencatat elektabilitas di angka 35,8 persen, disusul SKI 19,1 dan SGA 18,2 persen. Mereka yang belum menentukan jawaban dan pilihan di angka 26,9 persen.

Laporan : Awi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *