Catat! Ini Jadwal SMMPTN UHO 2021

  • Whatsapp
Catat! Ini Jadwal SMMPTN UHO 2021

ANOATIMES.COM, KENDARI – Dalam waktu dekat, tepatnya 14- 25 Juni 2021, Universitas Halu Oleo (UHO) akan kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (Maba) melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Jalur SMMPTN merupakan jalur terakhir yang dibuka kampus hijau tersebut, bagi siswa yang telah menamatkan diri di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Bacaan Lainnya

Wakil Rektor (WR) I UHO, Dr La Hamimu mengatakan, calon mahasiswa baru (Camaba) UHO yang tidak lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih diberikan kesempatan mengikuti SMMPTN.

Hamimu menjelaskan, untuk registrasi akun SMMPTN bertepatan dengan pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN pada 14 Juni 2021 nanti, yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Untuk pendaftaran SMMPTN itu 21- 30 Juni 2021, verifikasi dan seleksi 1-9 Juli 2021, serta dilanjutkan dengan pengumuman SMMPTN pada 12 Juli 2021,” ujarnya, Sabtu (5/6).

Daya tampung masing- masing jalur Hamimu menuturkan, sama dengan tahun lalu (2020), yakni SNMPTN 30%, SBMPTN 40%, dan SMMPTN 30%, dari jumlah total kuota Maba UHO 9 ribuan diluar Program Pascasarjana (PPs). Kata Hamimu, daya tampung 3 jalur tersebut dapat terpenuhi manakala semua Program Studi (Prodi) yang dibuka sesuai kuotanya.

“SNMPTN UHO kemarin tidak penuh daya tampung 30%, kurangnya dialihkan di SBMPTN. Kalau SBMPTN nanti juga tidak penuh daya tampungnya, maka kita alihkan ke SMMPTN, masih tetap tidak terpenuhi maka itu saja mahasiswa yang diterima,”ucapnya.

Hamimu menuturkan, kuota Maba UHO tahun ini bisa dibilang meningkat dari sebelumnya dari 8 ribuan menjadi 9 ribuan sebut Hamimu, disebabkan ada Prodi baru yang mendapatkan izin pendirian dari kementerian.
Ia berharap, Camaba UHO yang ikut di jalur SMMPTN ini mesti hati- hati dalam memilih Prodi yang dipilih, semakin favorit Prodi yang dipilih akan banyak saingan.

“Untuk informasi SMMPTN, masyarakat khususnya Camaba bisa mengunjungi halaman websitenya di regsm.uho.ac.id,” pungkasnya.

Laporan : Rizky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *