Upaya UHO Siapkan Para Mahasiswa Jalani Aktivitas Pasca-Kampus

  • Whatsapp
Upaya UHO Siapkan Para Mahasiswa Jalani Aktivitas Pasca-Kampus
Pelatihan yang digelar UPT PK2M UHO bagi mahasiswa. Foto: Anoatimes.com

ANOATIMES.COM, KENDARI – Perguruan tinggi merupakan jenjang lembaga pendidikan yang menyiapkan lulusannya kompeten terhadap disiplin ilmu tertentu. Namun, masifnya arus informasi dan teknologi dewasa ini membuat lulusan perguruan tinggi tak cukup hanya berbekal pengetahuan disiplin ilmu yang dimiliki.

Merespons perkembangan tersebut, Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) menggelar sejumlah kegiatan yang berupaya membekali mahasiswa menjalani kehidupan pasca-kampus. Salah satu kegiatan yang digelar, yakni Pelatihan Pengembangan Softskills Online kepada ratusan mahasiswanya yang memasuki semester akhir.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini digelar pada Selasa (7/6/2022) di salah satu hotel Kota Kendari secara hybrid dengan menghadirkan 120 mahasiswa dan 300 lebih melalui aplikasi Zoom.

Dr. Yusna Indarsyih selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengalaman praktis berupa pengetahuan, keterampilan, motivasi, dan sikap mental kepada mahasiswa dalam pengembangan diri untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif nantinya.

Upaya UHO Siapkan Para Mahasiswa Jalani Aktivitas Pasca-Kampus
Mahasiswa UHO mengikuti pelatihan yang digelar oleh UPT PK2M UHO. Foto: Anoatimes.com

“Dapat memberikan internalisasi nilai-nilai dan jiwa softskill yang akan bermakna strategis untuk menjawab tantangan perihal lapangan kerja sesudah lulus kuliah,” terang Yusna dalam sambutannya.

Untuk mendorong tujuan tersebut, UPT PK2M UHO menghadirkan pembicara pertama,yakni Dr. Sarfilianty Anggiani yang merupakan Dosen FEB Universitas Trisakti dan CEO DEW Consultant. Ia membawakan materi Pengembangan Public Speaking dan Profesionalisme Karir.

Kemudian pembicara kedua, yakni Dr. Nani Restati SiregaraSiregara yang merupakan dosen psikologi UHO. Ia membawakan materi Kecerdasan Emosional dalam Bekerja dan Kemampuan Berpikir Kreatif.

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu yang membuka kegiatan ini berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai bekal mereka memasuki dunia kerja.

“Dengan kegiatan ini harapannya mahasiswa memiliki pengetahuan tambahan di luar disiplin ilmu yang dipelajarinya, sehingga memiliki bekal yang lebih saat memasuki dunia kerja,” kata Rektor UHO dua periode ini.

Upaya UHO Siapkan Para Mahasiswa Jalani Aktivitas Pasca-Kampus
Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Pebri/Humas UHO.

Kegiatan ini digelar sehari dengan peserta mahasiswa jenjang S1 dan diploma yang berasal dari 15 fakultas dan 1 program vokasi dalam lingkup UHO.

Selain kegiatan tersebut, UHO juga membekali sejumlah mahasiswa dengan pelatihan kewirausahaan dalam upaya mendorong mereka menjadi pengusaha dalam berbagai bidang usaha. Melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M), sebanyak 160 mahasiswa mendapat pelatihan kewirausahaan di salah satu hotel Kota Kendari selama 3 hari pada Selasa hingga Kamis, (31/5 – 2/6/2022).

Para peserta yang merupakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2022 yang berasal dari 15 fakultas di UHO ini mendapat gemblengan dari praktisi yang kompeten.

Kepala UPT PK2M UHO, Dr. Sarinah mengatakan, melalui pelatihan ini para peserta PMW dibekali pemahaman kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dari para praktisi.

“Melalui pelatihan ini diharapkan para mahasiswa yang mengikuti program wirausaha dapat mengelola usahanya secara profesional,” terang Dr. Sarinah di sela kegiatan kepada awak media pada Selasa (31/5/2022).

Selain itu, dengan program mahasiswa wirausaha ini diharapkan para peserta memiliki pola pikir berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja.

Upaya UHO Siapkan Para Mahasiswa Jalani Aktivitas Pasca-Kampus
Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu saat mmberikan sambutan di hadapan para mahasiswa peserta pelatihan. Foto: Pebri/Humas UHO

“Jadi tidak hanya mereka berpikir untuk jadi PNS tetapi mahaiswa dapat mengubah pola pikirnya untuk berwirausaha serta membuka lapangan kerja baru untuk orang di lingkungan sekitarnya,” terang Dosen Faperta UHO ini.

Dengan pelatihan yang diberikan berupa materi dalam ruangan selama dua hari ditambah dengan pelatihan luar ruangan terkait kepemimpinan selama sehari para peserta diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini.

“Kami berharap peserta betul-betul serius dan memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha yang mereka rencanakan,” kata Dr. Sarinah.

Para peserta program ini juga mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp 7,5 juta setelah menjalani seleksi mulai dari pemberkasan, tes tertulis, dan wawancara yang dilakukan UPT PK2M UHO.(ADV.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *