Basarnas Kendari Gelar Pelatihan Potensi SAR di Pantai Taipa

  • Whatsapp
Basarnas Kendari Gelar Pelatihan Potensi SAR di Pantai Taipa

ANOATIMES.COM, KENDARI –  Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari atau Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari menggelar giat Pelatihan Potensi SAR
dengan mengusung tema Melalui Pelatihan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kita Tingkatkan Kemamouan dan Keterampilan Potensi SAR di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan ini dilaksanakan mulai 21 Maret – 26 Maret 2022 dan Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Gedung Konasara serta teori dan praktek dilaksanakan di pantai Taipa Kabupaten Konawe Utara.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kab. Konawe Utara H. Ruksamin. Dalam sambutannya ia
mengharapkan dengan pelatihan ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif dalam segala ancaman bencana di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan lahan, tanah longsor, kekeringan dan terkhusus sesuau tema pelatihan hari ini sehingga pelayanan sar yg kita berikan keoada masyarakat bisa dilaksanakan secara cepat dan optimal,” ujarnya dalam sambutannya Senin, 21 Maret 2022.

Bupati Ruksamin juga berpesan kepada para peserta untuk mengikuti semua petunjuk dan SOP pelatihan yang telah ditetapkan.

“Serta memperhatikan tahapan yang dilaksanakan dalam pelatihan ini, sehingga dapat dilihat kelemahan-kelemahan yang terjadi agar menjadi perbaikan dalam latihan serta mengutamakan keselamatan diri dan tim selama mengikuti pelatihan,”pesannya.

Sebagai informasi pelatihan ini guna memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang Pertolongan diatas permukaan air bagi potensi SAR di wilayah Prov. Sulawesi Tenggara, Yang bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi, berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara kantor pencarian dan pertolongan kendari dgn potensi sar diwilayah Sulawesi Tenggara.

Serta peserta yang turut mengikuti berjumlah 50 orang yg berasal dari Instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

Laporan: Din

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *