Jadi Perwakilan Lomba,Desa Mata Iwoi Di Puji Tim Penilai

  • Whatsapp
Jadi Perwakilan Lomba,Desa Mata Iwoi Di Puji Tim Penilai

ANOATIMES.COM,KONKEP– Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sebagai perwakilan dalam lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kini Desa Mata Iwoi Kecamatan Wawonii Utara telah dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Desa yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Sultra, Syaifullah SE MSi.

Dalam kunjungan penilain lomba desa tersebut, Mantan Plt Kadis Kominfo Sultra itu mengaku terpukau dengan aspek kewilayahan desa yang menjadi perwakilan konkep dalam ajang lomba desa ini, wilayahnya berada di pesisir pantai ujung barat Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan.

Bacaan Lainnya

“Kalau aspek kewilayahan desa Mata Iwoi ini Saya kira sangat tepat karena kawasannya berpotensi untuk pariwisata, jadi Kami sebagai Tim Penilai, setelah melakukan penilaian, akan menerbitkan rekomendasi terkait apa saja yang perlu dikerjakan untuk mendukung kemajuan desa tersebut,” jelasnya.

Mantan Kadis PMD Konsel tersebut juga mengatakan ada tiga kategori yang menjadi fokus penilaian dalam lomba desa tingkat Sultra tersebut yakni pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Dari segi pemerintahan, Kita harus melihat seluruh produk hukum yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa, di karenkan, Kita tidak inginkan adanya baik Kepala Desa maupun perangkat desa ketika menjalankan roda pemerintahan tidak sesuai aturan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa Kabupaten Konawe Kepulauan menjadi Kabupaten pertama yang dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Desa dari lima Kabupaten di Sultra yakni Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe, Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Buton Utara.

“Dari 1908 desa, 377 kelurahan, dan 219 kecamatan, untuk lomba desa muncul lima kabupaten yang menjadi perwakilan lomba desa ini, dan Kabupaten Konawe Kepulauan adalah daerah pertama yang diberikan penilaian,” tambahnya.

Reporter : Jovi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *