UHO Bentuk Tim Pendamping, Kawal Mahasiswa Penerima Program Wirausaha

  • Whatsapp
 UHO Bentuk Tim Pendamping, Kawal Mahasiswa Penerima Program Wirausaha

ANOATIMES.COM, KENDARI – Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menargetkan pendaftar Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bisa mencapai ribuan mahasiswa.

“Perkembangannya sudah banyak yang mendaftar. Tapi target kita itu yang mendaftar ribuan untuk meloloskan 160 peserta dalam program ini,” kata Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan, Amin Tunda Jumat 18 Maret 2022.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, ada beberapa proses seleksi untuk mendapatkan Program Mahasiswa Wirausaha mulai dari pemberkasan pendaftaran secara online, proposal, tes tertulis dan wawancara.

“Proposal harus sesuai panduan yang dibuat, karena biasanya orang hanya membuat proposal tapi tidak menguasai, tes tertulis itu hasilnya berdasarkan perangkingan dan tes wawancara ini melihat komitmen seberapa besar mereka menguasai dunia dan ide bisnisnya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, dalam satu usaha diberikan modal sebesar Rp7.500.000 dengan pencairan dilakukan tiga tahap. Untuk memastikan uang program ini benar-benar difungsikan untuk usaha, maka ada tim pendamping.

Monitoring dan evaluasi ini fungsinya bukan hanya menilai. Tapi bagaimana memberikan edukasi untuk mengembangkan usaha mahasiswa.

“Jadi bagaimana strategi pendamping itu agar usaha ini bisa berkembang dan saya yakin mereka ini bisa memberikan edukasi, karena mereka ini orang-orang di UHO sudah terverifikasi dan sudah memiliki pemahaman,” jelasnya.

Ia menambahkan, tujuan program ini, untuk menumbuhkan sikap mental mahasiswa dalam berwirausaha. Untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru yang kreatif, berpendidikan tinggi dan berbudaya akademik.

Untuk diketahui, UHO Kendari memperpanjang pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha sampai 21 Maret 2022 mendatang.

Ada lima bidang usaha yang dipersyaratkan yaitu, makanan dan minuman, produksi/budidaya, industri kreatif, jasa dan perdagangan dan teknologi/digital.

Persyaratan untuk mendaftar program tersebut yaitu :

1. Mahasiswa S1 dan D3 UHO dengan status aktif, angkatan 2019,2020 dan 2021.
2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75
3. Belun pernah memperoleh bantuan modal PMW
4. Memiliki ide atau telah mempunyai usaha
5. Lokasi usaha berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara
6. Membuat proposal usaha perorangan
7. Mematuhi semua ketentuan yang berlaku

Sementara untuk pendaftaran melalui http://linktr.ee/pmwuho2022.

Laporan : Didul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *