UHO Rajai Puncak Pemeringkatan Webometric PT Se-Sultra

  • Whatsapp
UHO Rajai Puncak Pemeringkatan Webometric PT Se-Sultra

ANOATIMES.COM, KENDARI – Di awal tahun 2024, Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil menduduki posisi teratas dalam pemeringkatan Webometrics untuk Perguruan Tinggi (PT) se-Sulawesi Tenggara.

Hal ini dikemukakan Kepala Pusat Pemeringkatan Perguruan Tinggi dan Peningkatan Akreditasi UHO, Weka Gusmiarty Abdullah. Di tingkat nasional kata Weka Gusmiarty Abdullah, UHO berada di urutan ke-32, sedangkan di dalam region Sulawesi, UHO di bawah Universitas Hasanuddin, Makassar (peringkat ke-21) dan Universitas Sam Ratulangi Manado (peringkat ke-26). Namun, mengungguli Universitas Negeri Makassar (peringkat ke-49) dan Universitas Tadulako, Palu (peringkat ke-53). Pada periode yang sama di tahun lalu, UHO hanya menduduki peringkat ke-54 di tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

UHO Rajai Puncak Pemeringkatan Webometric PT Se-Sultra

Webometrics adalah sistem pemeringkatan PT tingkat dunia yang terpopuler. Pemeringkatan Webometrics diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), sebuah badan penelitian publik di Spanyol. Tujuan awal dari pemeringkatan ini adalah untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif akses terbuka, akses elektronik terhadap publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Webometrics telah melakukan pemeringkatan atas 11.991 PT hingga Januari 2024. Publikasi pemeringkatan dilakukan sebanyak d kali setahun, yaitu periode Januari dan Juli. Semakin tinggi peringkat Webometrics, hal tersebut menunjukkan semakin baiknya keterbukaan akses informasi akademik suatu PT. Secara kuantitas dan kualitas, hal ini mengindikasikan meningkatnya penyebaran ilmu pengetahuan dari PT kepada masyarakat luas. Pencapaian ini menurut Weka sejalan dan berkontribusi pada target UHO untuk mendapat predikat “Unggul”.

Meski mengalami kenaikan peringkat pada indikator OpennessOpennes (Keterbukaan) dan Excellence Rank (Peringkat Keunggulan), namun menurutnya, UHO mengalami penurunan pada indikator Impact Rank (Peringkat Dampak). Ia menggaris bawahi pentingnya aspek ini karena pemeringkatan Webometrics berpeluang untuk menjadi rujukan dalam memproyeksikan meningkatkan jumlah pendaftar (calon mahasiswa baru), jumlah mahasiswa asing, dan jumlah artikel yang disitasi. Untuk itu pihaknya mengupayakan meningkatkan kinerja peningkatan pengelolaan website dengan konten utama berbagai kegiatan akademik (tridharma) di setiap unit di lingkup UHO. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *