Jurusan Psikologi FKIP UHO Gelar Kuliah Tamu Bertemakan Social Influence

  • Whatsapp
Jurusan Psikologi FKIP UHO Gelar Kuliah Tamu Bertemakan Social Influence

ANOATIMES.COM, KENDARI – Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP), Universitas Halu Oleo (UHO) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi menggelar kuliah tamu, di Aula FKIP UHO, (8/3/2024)

Giat yang mengangkat tema Social Influence: Kenapa Orang Mau Melakukan Apa Saja untuk Orang Lain, itu diisi dengan pemateri dosen dari Universitas Negeri Makassar, Muhrajan Piara yang fokus pada psikologi sosial, dan dipandu oleh LM Ihsan Thamrin, dosen psikologi UHO.

Bacaan Lainnya

Mengawali materinya, Muhram Piara memberikan perspektif mendalam tentang bagaimana dan mengapa pengaruh sosial dapat memotivasi individu untuk melakukan tindakan yang di luar norma atau ekspektasi pribadi dan sosial.

Dijelaskannya juga, sosial influence merupakan usaha seseorang atau sekelompok individu untuk mengubah sikap, belief (kepercayaan), persepsi, dan perilaku orang lain atau kelompok. Social influence ini dapat dilakukan dalam bentuk Conformity, Compliance dan Obedience.

Jurusan Psikologi FKIP UHO Gelar Kuliah Tamu Bertemakan Social Influence

Melalui presentasi dan sesi tanya jawab, pemateri membahas berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku manusia dalam konteks sosial, termasuk tekanan kelompok, identitas sosial, dan proses kognitif yang mendasarinya.

“Social Influence membuat kita mengikuti apa yang orang di sekitar kita lakukan dan katakan, merasakan dan berpikir sama dengan yang orang lain lakukan. Keinginan individu untuk diterima dan disukai oleh orang lain membuat kita mempelajari bahwa dengan melakukan hal itu, kita memperoleh persetujuan dan penerimaan yang selama ini kita cari,” jelas Muhram Piara.

Secara umum, jelasnya lagi, orang cenderung mematuhi keinginan dari teman atau orang yang kita kenal dibanding orang lain yang tidak kita ketahui atau tidak sukai

Ketika sudah berkomitmen terhadap suatu tindakan atau kondisi tertentu, orang cenderung mematuhi aturan atau perilaku yang sesuai dengan posisi kita dibanding yang tidak sesuai dan konsisten dengan posisi.

“Hal tersebutlah yang membuat individu cenderung mau melakukan apa saja untuk orang lain, yang lebih lanjut dan mendalam dibahas dalam kegiatan ini,” sebutnya

Salah satu highlight dari acara ini adalah panel diskusi yang menampilkan interaksi dinamis antara pembicara dan audiens, mengeksplorasi kasus-kasus nyata dan teoritis terkait pengaruh sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Diskusi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan peserta tetapi juga memberikan wawasan praktis tentang bagaimana mengenali dan mengatasi pengaruh sosial yang negatif.

“Kuliah tamu ini telah memberikan kami wawasan baru dan mendalam tentang kekuatan pengaruh sosial dalam membentuk perilaku manusia. Ini sangat relevan, terutama di era digital saat ini, dimana informasi dan pengaruh sosial bergerak dengan cepat dan luas,” ungkap salah satu peserta.

Ketua Jurusan Psikologi UHO Kendari, Citra Marhan berkomitmen untuk menyelenggarakan lebih banyak acara seperti ini, yang tidak hanya mendukung perkembangan akademis tetapi juga meningkatkan kesadaran sosial dan kesiapan menghadapi tantangan di masyarakat.

Kuliah tamu ini diselenggarakan untuk memperkaya wawasan dan pemahaman mahasiswa mengenai psikologi sosial khususnya untuk topik Social influence.

Dengan adanya kegiatan kuliah tamu ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai konsep dan teori yang terkait dengan mata kuliah psikologi sosial, tetapi juga dapat mengetahui perkembangan kontemporer dari isu-isu yang terkait psikologi sosial yang mereka pelajari.

“Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kapasitas keilmuan mahasiswa sehingga dapat melakukan identifikasi, analisis, serta penyelesaian problem-problem sosial m
utakhir yang membutuhkan kontribusi ilmu psikologi,” harapnya. (ADV)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *