Kebun Raya UHO Jadi Lokasi Penanaman Pohon Endemik yang Terancam Punah

  • Whatsapp
Kebun Raya UHO Jadi Lokasi Penanaman Pohon Endemik yang Terancam Punah

ANOATIMES.COM, KENDARI – Kebun Raya Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dijadikan Asosiasi Mikoriza Indonesia (AMI-RI) sebagai lokasi penanaman pohon endemik yang terancam punah.

Sebanyak 405 bibit pohon yang ditanam dalam program Gerakan Nasional Penanaman Pohon Terancam Punah Indonesia. Enam di antaranya merupakan jenis pohon terancam punah seperti Pooti, Kayu Kuku, Angsana, Senokeling, dan Jeruk Siompu.

Bacaan Lainnya

Penanaman ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), UPT Ilmu Hayati dan Kebun Raya UHO, Jurusan Kehutanan FHIL UHO, PT Green Planet Indonesia, IKA Kehutanan Unhas, dan DPD HAE IPB Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi SH, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Dr Bambang Hendroyono, Rektor UHO, Prof. Muh Zamrun Firihu, Forkopimda Sultra, dan sejumlah Kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sultra turut hadir dalam kegiatan di lingkungan UHO ini.

“Kegiatan seperti ini kalau rektornya tidak suport tidak ada terlaksana. Jadi kita berterima kasih sama pak rektor dan luar biasa suportnya pak rektor dengan pemerintah berkolaborasi dalam menjaga pohon-pohon yang sudah hampir punah,” kata Gubernur Ali Mazi di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Rektor Zamrun mengatakan, Kebun Raya UHO memang telah ditetapkan sebagai ruang terbuka hijau dan disiapkan sebagai lahan konservasi untuk tanaman endemik Sulawesi Tenggara termasuk yang hampir punah.

“Makanya penanaman kali ini merupakan bentuk usaha kita untuk melestarikan tanaman-tanaman Endemik di Sulawesi Tenggara. Kita berharap nanti semua tanaman Endemik Sulawesi Tenggara itu bisa ada di Kebun Raya UHO,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua AMI RI, Prof. Hj Husna menjelaskan, kegiatan penanaman pohon terancam punah merupakan program utama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) AMI RI ke 25.

Dosen Jurusan Kehutanan FHIL UHO ini menyebut, banyak sekali jenis pohon-pohon yang hampir punah seperti Kalapi bukan hanya terancam punah tetapi endemik Sulawesi yang hanya tumbuh di Abuki, Unahaa dan Kolaka Timur. Kemudian ada kayu kuku, Pooti dan Jeruk Siompu.

“Kenapa saya masukkan jeruk Siompu, karena jeruk Siompu merupakan jeruk yang tidak ada samanya di dunia, ini rasanya manis dan punya rasa khas tersendiri. Jadi semua pohon endemik ini harus kita jaga dan dilestarikan dengan baik,” terangnya.

Laporan : Didul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *