Berbagi Meringankan Beban Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Berbagi Meringankan Beban Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

ANOATIMES.ID, KENDARI – Dampak buruk mewabahnya Covid-19 sudah dirasakan masyarakat, khususnya masyarakat yang bekerja dengan upah harian.

Seperti yang dialami para penggali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari. Upah harian yang mereka terima sangatlah pas-pasan hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan hari itu juga. Kondisi tersebut semakin diperparah dengan mewabanya Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap berada dirumah, dengan tujuan menekan laju penyebaran Covid-19 di masyarakat. Namun, apa jadinya bilang para pekerja upah harian tidak keluar rumah untul bekerja, tentu mereka akan kesulitan dalam memenuhi kebutuahn rumah tangga mereka.

Miris dengan situasi itu, Komunitas anak Lorong Fookuni tergerak hatinya untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Dengan mengumpulkan dana seadanya sesama mereka, komunitas ini bisa sedikit meringankan beban para penggali kubur.

“Targetnya, sejumlah penggali kubur dan wanita yang menjual bunga di lokasi pemakaman. Mereka merupakan pekerja upahan yang dipakai pihak pemakaman dengan honor memprihatinkan setiap bulan,” ujar Ketua Komunitas Anak Lorong Fookuni Laode Ampera, Minggu (3/5/2020) saat membagikan bantuan.

Laode Ampera yang didampingi sekertarinya, Bahari menjelaskan beberapa diantara penggali kubur, sempat menggali pemakaman jenazah pasien Covid-19. Meskipun menantang bahaya, namun tetap dilakukan untuk bertahan hidup.

“Kalau yang aman sekarang ini hanya PNS, karena dapat gaji bulanan. Namun, pekerja seperti penggali kubur, harus banyak berusaha dan bersabar menghadapi situasi wabah Covid-19,” ujar La Ode Ampera.

Dia berharap, semoga banyak uluran tangan yang peduli dengan nasib buruh ditengah pandemi covid-19. Kedepannya, pihaknya menyatakan bakal berbuat lebih maksimal meringankan beban warga terdampak covid-19.

Sebelumnya juga, Ketua DPD Wahdah Islamiyah Kabupaten Muna, Karim Darma bersama sejumlah anggota DPD Wahdah Muna menyalurkan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak Covid-19 di Raha dan sekitarnya. Pria yang akrab disapa Ustadz Karim itu, merupakan pencetus sejumlah kegiatan sosial di Lorong Fookuni.

“Kami Mewakili organisasi DPD Wahdah Kabupaten Muna. Logistik dikumpulkan di sekretariat DPD Wahdah Islamiyah Muna berupa paket sembako yaitu beras, mie instan, telur, minyak goreng, dan masker,” ujar Ustadz Karim.

Laporan : Awi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *