ANTAM UBPN Kolaka Tanam 32 Ribu Pohon dan 50 Ribu Mangrove

  • Whatsapp
ANTAM UBPN Kolaka Tanam 32 Ribu Pohon dan 50 Ribu Mangrove
Penanaman Pohon yang dilakukan ANTAM UBPN Kolaka

ANOATIMES.COM, KENDARI – Memeringati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022 lalu, PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka melaksanakan penanaman pohon.

Sebanyak 32 ribu pohon di area rehabilitasi lahan bekas tambang dan penanaman mangrove sebanyak 50 ribu pohon di area pesisir IUP ANTAM Kolaka ditanam pada Rabu (6/7/2022).

Bacaan Lainnya

Penanaman pohon ini secara simbolis dilaksanakan di Bukit Strada dan untuk penanaman mangrove jenis Rhizopora Mucronata dilaksanakan di pesisir pantai Dawi-dawi.

Kegiatan penanaman ini dihadiri General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat, Business Support Senior Manager Ridho Anggoro KA, para manager, assistant manager serta serikat pekerja.

Mine Environmental Management Assistant Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka, Charles Andrianto mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia mengangkat tema internasional “only one earth” yang dijiwai secara nasional “satu bumi untuk masa depan”.

Prinsip dan semangat ini merupakan tema yang digunakan pertama kali dalam konferensi PBB di Stockholm, Swedia pada tahun 1972.

Lebih dari lima Dasarwarsa digaungkan semangat untuk menjaga bumi kita yang seyogyanya sebagai rumah kita sendiri.

Lebih lanjut, ia mengatakan lelaksanaan penanaman pohon telah dilakukan dari bulan februari 2022 hingga secara simbolik dilakukan oleh Management UBPN Kolaka yang juga dalam rangkaian semangat ulang tahun ke 54 PT Antam Tbk pada 6 Juli 2022.

“Penanaman pohon dilakukan pada bukit Strada, tambang utara yag merupakan bekas lahan tambang yang terdegradasi,” terang Charles Andrianto dalam keterangan tertulis.

Jenis pohon yang ditanam oleh Satuan kerja Mine Environmental Management 60 persen merupakan jenis endemik di Sulawesi Tenggara diantaranya Cemara Laut (Casuarina Equisetifolia), Tirotasi (Astonia macrophylla), mangga-mangga (Buchanania arboreschens), kayu bitti (Vitex coffasus).

Penanaman Pohon mangrove dilaksanakan dari bulan Maret 2022 dengan melibatkan 9 Karang Taruna di Kecamatan Pomalaa.

“Program Penanaman mangrove ini sejalan juga dengan komitmen Indonesia untuk turut serta dalam Climate Changes Action dan untuk mengurangangi Emisi Karbon. Selain mendukung juga Presidensi G20 Indonesia, harapan kedepan bahwa pada saat pasca tambang nantinya akan terbentuk sabuk pesisir hijau di sepanjang pesisir area IUP PT Antam Tbk, UBPN Kolaka,” kata Charles Andrianto.

General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka, Nilus Rahmat mengatakan, penanaman pohon dan mangrove masih dalam rangkaian memeringati HUT ke 54 PT ANTAM Tbk.

Menurutnya, hal tersebut juga sejalan dengan komitmen ANTAM dalam melestarikan lingkungan dengan mengembalikan lahan bekas tambang melalui reklamasi sehingga bisa hijau kembali seperti sediakala.

Ditambahkannya, semangat ini juga yang memprakarsai program hari lingkungan hidup tahun 2022 serta dengan semangat mendukung presidensi G20 Indonesia oleh PT ANTAM Tbk. UBPN Kolaka.

“Sebanyak tiga puluh dua ribu pohon yang ditanam pada area rehabilitasi lahan bekas tambang dan lima puluh ribu pohon mangrove yang ditanam area rehabiltasi pesisir IUP Operasi,” kata Nilus Rahmat.

“Hal ini menjadi komitmen PT Antam Tbk UBPN Kolaka dalam melestarikan dan menciptakan lingkugan hidup yang harmonis,” kata Nilus Rahmat sekaligus memulai rangkaian kegiatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *